Tugas Softskill Pengantar Bisnis

PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk.



Sekilas tentang PT Ultrajaya
            PT Ultrajaya Milk Industry Tbk merupakan perusahaan yang utamanya sebagai produsen minuman di Indonesia yang berawal dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung – Jawa Barat yang pada saat itu pengolahannya masih dilakukan secara sederhana. PT Ultrajaya terus berkembang, hingga selanjutnya di tahun 1971 PT Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry and Tranding Company Tbk (Perseroan), dengan berteknologi pengolahan secara UHT (Ultra High Temperature) dan dengan pengemasan secara Aseptic Packaging Material (kemasan karton aseptik) yang dari tahun ke tahun terus berkembang, dan hingga saat ini telah menjadi salah satu perusahaan yang terkemuka dibidang industri makanan dan minuman di Indonesia. Sampai saat ini PT Ultrajaya telah memproduksi lebih dari 60 macam jenis produk minuman UHT dan terus berusaha untuk senantiasa memenuhi kebutuhan selera konsumennya. Senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya dan selalu berusaha untuk menjadi market leader di bidang industri minuman aseptik.
PT Ultrajaya pun masih unggul diantara produsen susu segar alami dan minuman ringan untuk seluruh konsumen Indonesia dengan beberapa varian brandnya, seperti UltraMilk untuk produk susu segarnya, Teh Kotak untuk minuman segarnya, dan Sari Kacang Ijo, Sari Asem Asli untuk produk minuman sehatnya. Produk minuman ini diproduksi dengan teknologi UHT yaitu pemanasan sampai 140% C selama 3-4 detik sehingga produk steril tanpa merusak atau mengurangi kandungan nutrisi, dan kemudian dikemas dalam kemasan karton aseptik sehingga bisa tahan lama tanpa harus menggunakan bahan pengawet. Di bidang makanan PT Ultrajaya memproduksi susu bubuk (powder milk), susu kental manis (sweetened condensed milk) dan konsentrat buah-buahan tropis (tropical fruit juice concentrate). Tidak ketinggalan beberapa produk minuman ringanya yang diproduksi khusus untuk pasar ekspor. Dan hingga kini, brand unggulan adalah UltraMilk masih tetap unggul diantara segmen susu cair, seperti halnya Teh Kotak unggul varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
            Lahan pertenakan PT Ultrajaya berlokasi ditengah lahan perkebunan di dataran tinggi Bandung, dimana tersedia sumber daya alam alami berkualitas baik. Kesegaran bahan baku serta semua nutrisi yang terkandung di dalamnya kemudian di proses dengan teknologi Ultra High Temperature (UHT) digabungkan dengan teknologi pengemasan Aseptic Packaging Material (kemasan karton aseptik). Kini, hampir 90% total produksi, dan distribusikan ke seluruh konsumen diseluruh pelosok Indonesia, sementara kurang lebih 10% produksi di ekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.

Visi dan Misi PT Ultrajaya
VISI
Menjadi perusahaan insdustri makanan dan minuman yang terbaik dan tersbesar di Indonesia, dengan senantiasa mengutamakan kepuasan konsumen, serta menjunjung tinggi kepercayaan para pemegang saham dan mitra kerja perusahaan.
MISI                                          
Menjalankan usaha dengan dilandasi kepekaan yang tinggi untuk senantiasa berorientasi kepada pasar atau konsumen dan kepekaan serta kepeduliaan untuk senantiasa memperhatikan lingkungan, yang dilakukan secara optimal agar dapat memberikan nilai tambah sebagai wujud pertanggung jawaban kepada para pemenggang saham.

Sistem Pemasaran PT Ultrajaya
            Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar kebutuhan konsumen Indonesia. PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting adalah sistem distribusi. Selain itu, PT Ultrajaya telah melakukan kerja sama produksi dengan beberapa perusahaan multi nasioanal seperti Unilever, Morinaga, dan lain-lain.
            Perusahaan ini memiliki jangkauan distribusi terluas di Indonesia, yang telah menjangkau pulau-pulau di Indonesia dari Sumatera sampai Papua. Saat ini pun telah menjangkau lebih dari 25.000 wholesaler yang masing-masing secara kolektif menjual produk ke lebih dari 65.000 retailer (baik local modern, market maupun pasar tradisional), hotel, dan penggunaan secara komersial. sementara itu, jalur distribusi di Pulau Jawa saat ini lebih dari 300 sales professional, dengan lebih dari 100 armada, dan 20 kantor cabang. Perusahaan ini telah menjual hasil produksinya ke pelosok di dalam negeri dengan beberapa cara antara lain:
·         Penjualan langsung (direct selling) dilakukan ke toko-toko, kios-kios, dan pasar-pasar tradisional lainnya diseluruh Pulau Jawa dengan menggunakan armada penjualan milik perseroan yang terdapat di kantor-kantor pemasaran dan depo-depo yang terletak di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, serta beberapa kota lainnya di Pulau Jawa.
·         Penjualan melalui pasar-pasar modern (modern trade) dilakukan ke supermarket, Hypermarket, dan mini market yang tersebar diseluruh wilayah Pulau Jawa dan dilakukan melalui kantor pemasaran dan depo-depo tersebut.
·         Penjualan tidak langsung (indirect selling) dilakukan ke pelanggan yang berada di luar Pulau Jawa dan dilakukan melalui agen atau distributor yang ditunjuk yang tersebar di seluruh ibukota propinsi di seluruh wilayah Indonesia.
            Konsumen utama PT Ultrajaya di Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 240 juta penduduk (dari anak-anak, remaja, hingga kalangan orang dewasa), yang saat ini juga mengalami peningkatan daya beli. Penjualan dalam negeri pun menyumbang 90% dari total produksi. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki pasar ekspor ke sejumlah negara di dunia.

Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Laporan Keuangan Koperasi & Perusahaan Konvensional

PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KARIR

Business