Tugas Softskill Pengantar Bisnis
PT
ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk.
Sekilas
tentang PT Ultrajaya
PT
Ultrajaya Milk Industry Tbk merupakan perusahaan yang utamanya sebagai produsen
minuman di Indonesia yang berawal dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di
Bandung – Jawa Barat yang pada saat itu pengolahannya masih dilakukan secara
sederhana. PT Ultrajaya terus berkembang, hingga selanjutnya di tahun 1971 PT
Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry and
Tranding Company Tbk (Perseroan), dengan berteknologi pengolahan secara UHT (Ultra High Temperature) dan dengan
pengemasan secara Aseptic Packaging
Material (kemasan karton aseptik) yang dari tahun ke tahun terus
berkembang, dan hingga saat ini telah menjadi salah satu perusahaan yang
terkemuka dibidang industri makanan dan minuman di Indonesia. Sampai saat ini
PT Ultrajaya telah memproduksi lebih dari 60 macam jenis produk minuman UHT dan
terus berusaha untuk senantiasa memenuhi kebutuhan selera konsumennya.
Senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya dan selalu berusaha
untuk menjadi market leader di bidang industri minuman aseptik.
PT Ultrajaya pun masih
unggul diantara produsen susu segar alami dan minuman ringan untuk seluruh
konsumen Indonesia dengan beberapa varian brandnya, seperti UltraMilk untuk
produk susu segarnya, Teh Kotak untuk minuman segarnya, dan Sari Kacang Ijo,
Sari Asem Asli untuk produk minuman sehatnya. Produk minuman ini diproduksi
dengan teknologi UHT yaitu pemanasan sampai 140% C selama 3-4 detik sehingga
produk steril tanpa merusak atau mengurangi kandungan nutrisi, dan kemudian
dikemas dalam kemasan karton aseptik sehingga bisa tahan lama tanpa harus
menggunakan bahan pengawet. Di bidang makanan PT Ultrajaya memproduksi susu
bubuk (powder milk), susu kental
manis (sweetened condensed milk) dan konsentrat
buah-buahan tropis (tropical fruit juice
concentrate). Tidak ketinggalan beberapa produk minuman ringanya yang
diproduksi khusus untuk pasar ekspor. Dan hingga kini, brand unggulan adalah
UltraMilk masih tetap unggul diantara segmen susu cair, seperti halnya Teh
Kotak unggul varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
Lahan
pertenakan PT Ultrajaya berlokasi ditengah lahan perkebunan di dataran tinggi
Bandung, dimana tersedia sumber daya alam alami berkualitas baik. Kesegaran
bahan baku serta semua nutrisi yang terkandung di dalamnya kemudian di proses
dengan teknologi Ultra High Temperature (UHT) digabungkan dengan teknologi
pengemasan Aseptic Packaging Material (kemasan karton aseptik). Kini, hampir
90% total produksi, dan distribusikan ke seluruh konsumen diseluruh pelosok
Indonesia, sementara kurang lebih 10% produksi di ekspor ke beberapa negara di
Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.
Visi
dan Misi PT Ultrajaya
VISI
Menjadi perusahaan insdustri makanan dan minuman yang
terbaik dan tersbesar di Indonesia, dengan senantiasa mengutamakan kepuasan
konsumen, serta menjunjung tinggi kepercayaan para pemegang saham dan mitra
kerja perusahaan.
MISI
Menjalankan usaha dengan dilandasi kepekaan yang tinggi
untuk senantiasa berorientasi kepada pasar atau konsumen dan kepekaan serta
kepeduliaan untuk senantiasa memperhatikan lingkungan, yang dilakukan secara
optimal agar dapat memberikan nilai tambah sebagai wujud pertanggung jawaban
kepada para pemenggang saham.
Sistem
Pemasaran PT Ultrajaya
Kekuatan
utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus terus menerus
membangun merek yang kuat dan memerlebar kebutuhan konsumen Indonesia. PT
Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran,
teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting adalah sistem
distribusi. Selain itu, PT Ultrajaya telah melakukan kerja sama produksi dengan
beberapa perusahaan multi nasioanal seperti Unilever, Morinaga, dan lain-lain.
Perusahaan
ini memiliki jangkauan distribusi terluas di Indonesia, yang telah menjangkau
pulau-pulau di Indonesia dari Sumatera sampai Papua. Saat ini pun telah
menjangkau lebih dari 25.000 wholesaler yang masing-masing secara kolektif
menjual produk ke lebih dari 65.000 retailer (baik local modern, market maupun
pasar tradisional), hotel, dan penggunaan secara komersial. sementara itu,
jalur distribusi di Pulau Jawa saat ini lebih dari 300 sales professional,
dengan lebih dari 100 armada, dan 20 kantor cabang. Perusahaan ini telah
menjual hasil produksinya ke pelosok di dalam negeri dengan beberapa cara
antara lain:
·
Penjualan
langsung (direct selling)
dilakukan ke toko-toko, kios-kios, dan pasar-pasar tradisional lainnya
diseluruh Pulau Jawa dengan menggunakan armada penjualan milik perseroan yang
terdapat di kantor-kantor pemasaran dan depo-depo yang terletak di beberapa
kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, serta
beberapa kota lainnya di Pulau Jawa.
·
Penjualan
melalui pasar-pasar modern (modern
trade) dilakukan ke supermarket, Hypermarket, dan mini market yang tersebar
diseluruh wilayah Pulau Jawa dan dilakukan melalui kantor pemasaran dan
depo-depo tersebut.
·
Penjualan
tidak langsung (indirect
selling) dilakukan ke pelanggan yang berada di luar Pulau Jawa dan
dilakukan melalui agen atau distributor yang ditunjuk yang tersebar di seluruh
ibukota propinsi di seluruh wilayah Indonesia.
Konsumen
utama PT Ultrajaya di Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 240 juta
penduduk (dari anak-anak, remaja, hingga kalangan orang dewasa), yang saat ini
juga mengalami peningkatan daya beli. Penjualan dalam negeri pun menyumbang 90%
dari total produksi. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki
pasar ekspor ke sejumlah negara di dunia.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar